Tips Sholat di terima Allah SWT


Artinya: Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur'an) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan (Qs; 29:45)

Diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu ia berkata aku bertanya kepada Rasulullah saw “Amal apa yg paling dicintai Allah Azza Wajalla? beliau menjawab “Shalat tepat pada waktunya”. Aku bertanya kemudian apa lagi? beliau menjawab “Berbuat baik terhadap kedua orangtua”. Aku bertanya kemudian apa lagi? beliau menjawab “Jihad fi sabilillah”. Ia berkata Demikian Rasulullah saw mengabarkannya kepadaku seandainya aku meminta tambahan niscaya beliau menambahkannya”

Dari Abu Hurairah ra ia berkata “Rasulullah saw bersabda ‘Sesungguhnya amal seorang hamba yg pertama kali di hisab pada hari Kiamat nanti adalah shalatnya apabila shalatnya baik maka sungguh dia telah beruntung dan selamat dan jika salatnya rusak maka dia akan kecewa dan merugi. Apabila shalat fardunya kurang sempurna maka Allah berfirman ‘Apakah hamba-Ku ini mempunyai salat sunnah? Maka tutuplah kekurangan shalat fardu itu dgn salat sunnahnya.’ Kemudian begitu pula dgn amalan-amalan lainnya yg kurang’.

1.Hakikat Shalat

1. Janganlah mengikuti sesuatu tanpa ilmu

Artiny: Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.(Qs; 017:036)

2. Ikutilah apa yang di turunkan Allah dan rosulnya

Artinya: Apabila dikatakan kepada mereka: "Marilah mengikuti apa yang diturunkan Allah dan mengikuti Rasul". Mereka menjawab: "Cukuplah untuk kami apa yang kami dapati bapak-bapak kami mengerjakannya". Dan apakah mereka akan mengikuti juga nenek moyang mereka walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui apa-apa dan tidak (pula) mendapat petunjuk?(Qs; 005:104)

3.Orang-orang yang khusyu dalam shalat

Artinya: (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam salatnya. (QS; 023:02)

2. Termotivasi semata-mata karena Allah

1. Lebih cinta dunia dari pada Allah dan rosulnya

Artinya: Katakanlah: "Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya." Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.(Qs; 09:24)

2. Jangan mengadakan sekutu bagi Allah SWT

3. Shalat hidup dan mati hanya untuk Allah SWT

Artinya: Katakanlah: "Sesungguhnya salat, ibadah, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam, (Qs; 6:162)

4.Memurnikan keesaan Allah SWT

Artinya: Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.(Qs; 98:5)

8 Response to "Tips Sholat di terima Allah SWT"

  1. sda says:
    12 Agustus 2010 pukul 08.17

    artikel yang sangat mencerahkan, untuk koreksi diri sendiri.
    makasih.

  2. narti says:
    12 Agustus 2010 pukul 08.18

    makasih ya artikelnya, ditunggu artikel lainnya.

  3. tomo says:
    12 Agustus 2010 pukul 08.44

    bermanfaat sekali tipsnya kawand

  4. harto says:
    12 Agustus 2010 pukul 14.48

    ....Janganlah mengikuti sesuatu tanpa ilmu.... ini beneeeer niih, kalo tanpa ilmu apapun hidup kita bisa jadi hambar, ngambang, ga tentu arah tanpa tuntunan, tanpa tujuan, bisa2 terjerumus kedalam nista dan bisa digilas oleh orang2 yang mau memanfaatkan.
    trims atas tips nya, sukses selalu n tetap semangat.

    SELAMAT BERPUASA UNTUK BANG IPIN & TETAP SEMANGAT

  5. nuansa pena says:
    13 Agustus 2010 pukul 08.13

    Ayo sholat!

  6. munir ardi says:
    15 Agustus 2010 pukul 14.15

    Nabi berkata Shalatlah engkau sebagimana aku shalat

  7. alkatro says:
    15 Agustus 2010 pukul 17.29

    amiin.

    ash-sholatu khairum minan naum.
    sholat lebih utama daripada tidur.
    hampir magrib.. siap-siap kolak
    tadi ane buka lewat hp eror mas..

  8. readhermind-dy says:
    16 Agustus 2010 pukul 15.14

    tulisannya bagus.. jadi koreksi solat sendiri..