Tanda-tanda Ajal kematian

Tanda 100 hari sebelum ajal tiba.
Ini adalah tanda pertama dari Alloh SWT kepada hambanya dan hanya akan disadari oleh mereka-mereka yang dikehendakinya. Walau bagaimana semua orang Islam akan mendapat tanda ini, hanya saja mereka sadar atau tidak.Tanda ini akan berlaku kepastian-nya selepas waktu Asar, yaitu : -Seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ke ujung kaki akan mengalami getaran atau seakan
-akan mengigil. Misal, seperti daging sapi yang baru disembelih dimana jika diperhatikan dengan cermat kita akan mendapati daging tersebut seakan-akan bergetar.
Tanda ini rasanya lezat dan bagi mereka yang sadar tersirat di hatinya bahwa mungkin ini adalah tanda kematian, maka getaran ini akan berhenti dan hilang setelah kita sadar akan kehadiran tanda ini. Bagi mereka yang tidak diberi kesadaran atau mereka yang hanyut dengan kenikmatan tanpa memikirkan soal kematian, tanda ini akan lenyap sia-sia begitu saja. Bagi yang sadar dengan kehadiran tanda ini maka ini adalah peluang terbaik untuk memanafa’atkan sisa umur yang ada untuk mempersiapkan diri dengan amalan dan urusan yang akan dibawa atau ditinggalkan sesudah mati.
... Lihat Selengkapnya

Tanda 40 hari sebelum ajal tiba.
Tanda ini juga akan berlaku sesudah waktu Asar. Bagian pusar kita akan berdenyut-denyut. Pada saat itu daun yang tertulis nama kita akan gugur dari pokok yang letaknya di atas Arasy Alloh SWT. Maka malaikat Izroil pun akan mengambil daun tersebut dan mula membuat persediaan-nya ke atas kita diantaranya, Malaikat Maut/ Izroil akan mulai selalu mengikuti/ mengintai kita sepanjang sisa umur kita. dan Akan terjadi Malaikat maut ini akan memperlihatkan wajahnya sekilas lalu tak nampak lagi dan bila ini terjadi, mereka yang terpilih ini akan merasakan seakan-akan bingung seketika. Adapun Malaikat maut ini wujudnya cuma seorang tetapi berkuasa untuk mencabut nyawa bersamaan dengan jumlah nyawa yang akan dicabutnya seijin Alloh SWT.

Tanda 7 hari sebelum ajal tiba.
Adapun tanda ini akan diberikan hanya kepada mereka yang diuji dengan musibah kesakitan di mana orang sakit yang tidak makan secara tiba-tiba dia (yang sakit) berselera untuk makan.

Tanda 3 hari sebelum ajal tiba.
Pada saat itu mereka akan terasa denyutan di bagian tengah dahi kita yaitu, diantara dahi kanan dan kiri. Jika tanda ini kita rasakan, maka berpuasalah kita setelah itu. supaya perut kita tidak mengandung banyak najis dan ini akan memudahkan urusan orang yang akan memandikan kita nanti. saat juga mata hitam kita tidak akan bersinar lagi dan bagi orang yang sakit hidungnya akan perlahan-lahan jatuh ke depan (berubah menjadi agak sedikit mancung dan mengkerut..
Telingan-nya akan layu dimana bagian ujungnya akan beransur-ansur masuk ke dalam. telapak kakinya yang terlunjur akan lemas dan perlahan-lahan jatuh ke depan dan sukar ditegakkan

.Tanda 1 hari sebelum ajal tiba.
Akan berlaku sesudah waktu Asar di mana kita akan merasakan satu denyutan di sebelah belakang, yaitu di kawasan ubun-ubun di mana ini menandakan kita tidak akan sempat untuk menemui waktu Asar keesokan harinya.Tanda Akhir !!!
Akan berlaku keadaan di mana kita akan merasakan satu keadaan sejuk di bagian pusar hingga ke tulang sulbi dan rasa itu akan turun ke pinggang dan seterusnya akan naik ke bagian hulkum (tenggorokan). Detik-detik itu hendaklah kita terus mengucap kalimat syahadah dan berdiam diri dan menantikan kedatangan Izroil/ malaikat maut untuk menjemput kita kembali kepada Alloh SWT yang telah menghidupkan kita dan sekarang akan mematikan pula.
Catatan: bahwa keterangan diatas adalah tanda-tanda kematian saja, bukan kepastian, adapun ajal, hanya Alloh SWT yang maha tau. itupun tidak semua manusia sadar dengan tanda-tanda kematian tersebut.

Kita tidak akan dapat lolos dari ajal, Malaikat Izroil yang mempunyai tugas mencabut nyawa manusia yang selalu menghadang kita.
Apa bekal kita untuk dibawa mati...? tentunya Iman dan amal-amal baik yang akan menyelamatkan kita dari kobaran api Neraka.Sang pencabut nyawa (Izroil) akan mendatangi setiap orang guna melaksanakan tugasnya sesuai ketentuan Alloh Ta’ala, siapa saja.. kapan saja.. dimana saja.. pasti ajal akan menjemput kita setelah merasakan dahsatnya Sakaratul Maut. sementara kita semua sedang menunggu kedatangan Malaikat Izroil yang bertugas memisahkan ruh dari jasad manusia. Bagaimanapun juga kita mengharap proses pencabutan nyawa berjalan dengan cepat tanpa penderitaan, namun harapan kita, Insya’Alloh akan terkabul apabila kita termasuk orang-orang yang mendapat rahmat-Nya.Setelah badan terbujur kaku, Penyesalan tidak akan berarti, apakah mereka akan menjadi orang-orang yang beruntung ataukah menjadi orang-orang yang merugi...? tergantung tingkah laku manusia yang mereka perbuat selama di dunia, tiada yang lain, kecuali Iman dan amal baik yang akan menjadi bekal mati.Sakaratul Maut adalah detik-detik kematian, beruntunglah bagi hamba-hamba yang taat selama di dunia dan sebaliknya (sakaratul maut) akan menjadi malapetaka besar bagi orang-orang yang belum bertaubat dan berlumuran dosa.

Sumber : Wiryana

27 Response to "Tanda-tanda Ajal kematian"

  1. Dhana/戴安娜 says:
    27 Februari 2010 22.53

    salam sahabat
    ehm sungguh postingan yang membuat kita bersiap diri menjemput ini...thnxs n good luck ya

  2. Ipin says:
    28 Februari 2010 07.23

    Setelah aku kenal tanda tanda kematian lewat postingan ini membuat diri ini jadi tambah keimanan. Sungguh Allah maha bijaksana masih memberikan kita peringatan/sinyal2 tanda kematian dalam 100 hari sebelum ajal menjemput.

  3. kang tejo says:
    28 Februari 2010 08.24

    terimh kasih sharingnya kang matodis alias kang ipin hehehe..
    semoga dengan saling mengingatkan kita dapat bersiap untuk bekal kelak dihari akhir..
    semoga juga dicatat sebagai amal baik..Amien

  4. munir ardi says:
    28 Februari 2010 10.20

    ada dasarnya tidak sahabat

  5. angger says:
    28 Februari 2010 13.31

    terimakasih udah sharing bang,dengan membaca postingan ini saya jadiingin lebih memaknai hidup ini

  6. kebookyut says:
    1 Maret 2010 07.32

    maaf, keboo nggak berani baca,, ntar parno sendiri..
    hyiiii.. hehehe

  7. organic seo says:
    3 Maret 2010 08.49

    Blog is interesting and motivated me a lot!! thanks

  8. ا شين says:
    4 Maret 2010 21.27

    Masya Alloh....
    kita memang akan 'nyicipi' mati ya, moga dengan adanya tanda2 tsb, kita makin bersiap diri...

  9. Nobi says:
    6 Maret 2010 14.12

    ouh gitu yaw sob thanks



    Berkunjung Dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    makasih
    :D

  10. narti says:
    6 Maret 2010 16.30

    merinding bacanya...
    bagaimana kalau sudah ada tanda itu tapi kita tak menyadarinya?
    makasih banyak artikelnya, semoga kita termasuk orang2 yg beruntung.

  11. ipin says:
    10 Maret 2010 17.32

    SEtelah bebrapa waktu lalu membaca artikel ini aku pun semapt lengah dan tak sadar bahwa Ajal menjemput tannpa di duga2 walaupun Allah SWT telah memberikan tanda tandanya
    kemarin tanggal 8 maret keponakanku tercinta meninggal dunia..
    Paginya masih sehat2 saja ternyata siang harinya Malaikat MAut sudah menjemputnya.

  12. kang tejo says:
    10 Maret 2010 23.43

    Innalillahi wa ina ilaihi rajiun..itulah takdir, walaupun kita bersembunyi dan lari dari maut Allah didalam tembok yang tebal yang tak seorngpun dpat menembusnya tapi Allah akan bisa menemukannya..
    semoga diberi kesabaran

  13. Lina Marliana says:
    15 Maret 2010 10.46

    Wah.. bacanya sambil deg2an nih.. Nice posting, bermanfaat banget..

  14. Lina Marliana says:
    15 Maret 2010 10.54

    ijin follow yah.. :)

  15. U-marr says:
    16 Maret 2010 05.40

    oh, jadi gitu yah tanda-tandanya.
    thanks infonya yah. (walaupun deg-degan bacanya) :D

  16. pakde sulas says:
    17 Maret 2010 11.54

    apakah memang demikian,ada tanda tanda datangnya kematian? bukankah kematian adalah suatu hal wajar? bukankah kematian adalah hak Alloh, dan Alloh tidak perlu memberi tahu tanda tandanya, bahwa semua mahluk hidup pasti akan mati, hanya Alloh yang tahu ilmunya.

    bagaimana orang yang mati dalam kecelakaan ? apakah Alloh memberi tanda sebelumnya 100 hari?, 40 hari?, 30 hari?, 7 hari?, 1 hari?, 1 jam?, 1 detik?

    mengapa kita suka berandai andai, karena datangnya maut adalah tiba tiba, maka kita harus selalu siap sedia, tanpa menunggu tanda tandanya.

  17. harto says:
    17 Maret 2010 20.02

    takdir hanyalah milik Allah, yang penting dari sekaranglah kita mulai tingkatkan lagi ibadah kepada Allah tuk jaga2 karena maut itu datangnya secara tiba2. umumnya banyak yang tidak tahu akan hal tanda2 kematian. hanya sebagian saja yang berilmu agamanya sudah sangat2lah tinggi.

    trims Kang atas infonya, sangat mencerahkan & membuat iman jadi yakin n kuat.

    Perbanyaklah mengingat kematian. Seorang hamba yang banyak mengingat mati maka Allah akan menghidupkan hatinya dan diringankan baginya akan sakitnya kematian. (HR. Ad-Dailami)

    Janganlah ada orang yang menginginkan mati karena kesusahan yang dideritanya. Apabila harus melakukannya hendaklah dia cukup berkata, “Ya Allah, tetap hidupkan aku selama kehidupan itu baik bagiku dan wafatkanlah aku jika kematian baik untukku.” (HR. Bukhari)

  18. ducky says:
    18 Maret 2010 14.48

    aku tau aku akan mati kelak..maka aku ingin smua yg kulakukan bermanfaat...

  19. Dunia Komputer says:
    20 Maret 2010 07.19

    Masalah hidup mati saya serahin sama Yang Maha Kuasa sob. Semasih hidup saya berusaha berbuat baik agar berguna di dunia akhirat nanti!

  20. blogdunia says:
    20 Maret 2010 12.22

    wah postingan ini dah bikin aku merinding,,
    ane gk pikirin allah ngasih atau tidak tentang tanda tanda itu, ane ambil hikmahnya aje, yaitu mempertebal keimanan, dan membuka hati untuk bertobat
    makasih ia sob,,
    semoga diberikan ketabahan, atas wafatnya keponakan tercinta..
    udah dulu ia sob ane mau kemasjid dulu,,
    soalnya ane gk mau jadi orang yang merugi,,
    tanks banget neh,,
    semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat,
    yang bisa membantumu kelak diakhirat

  21. kang tejo says:
    25 Maret 2010 19.17

    kemana aja g pernah update kang ipin2

  22. Arfi says:
    10 April 2010 12.51

    nice posting,, sungguh2 bermanfaat.. kalau kita ingat kematian. pasti teringat bahwa kita hanyalah makhluk hina yang mampir minum di dunia ini........

  23. Anonim Says:
    4 Mei 2010 00.36

    Salam, saya pada mulanya merasai getaran2 di bahagian badan dan pada mulanya saya ingatkan ia hanya kerana kelesuan otot2 badan. Namun setelah sya perhatikan makin hari makin banyak berlakunya getaran2 di setiap bahagian badan. Dan seterusnya saya merasai getaran di bahagian pusat lalu saya menanya teman2 rapat saya akan perihal ini maka dia mengatakan ia mungkin tanda2 ajal semakin dekat. Saya gugup dan merasa takut. Adakah ajal saya semakin hampir? Saya akui mmg saya banyak sekali melakukan dosa dan merasakan takut krana bekalan saya x mencukupi... Tolonglah sesiapa sahaja memberikan saya sokongan moral kerana saya masih muda baru 18 tahun.
    Saya ada soalan disini adakah getaran di pusat itu bermaksud kita masih mempunyai 40 hari atau kurang dari itu?

  24. neody says:
    16 Mei 2010 08.36

    wah, jadi pengen tobat..

    salam kenal sob :)

  25. Herdoni Wahyono says:
    18 Mei 2010 07.03

    Mati, termasuk hal yang paling ditakutkan oleh sebagian manusia. Wah ada tanda-tandanya juga menjelang ajal menjemput manusia. Manusia bisa bersiap untuk menjemputnya. Trims sharingnya sobat.

  26. gnu says:
    30 Mei 2010 16.42

    semoga kita "kembali" dalam kemulyaan...

  27. Lina Marliana says:
    31 Mei 2010 09.37

    ohh.. aku baru sadar klo postinganku kembaran sm punya bang ipin.. hehehe